Hasil Belajar / Dina Maulani

Oktober 08, 2019 Dina Maulani 0 Comments

Pada kali ini saya mengambil judul dalam pembahasan yaitu Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X Bahasa SMA Al-Ashriyyah Nurul Iman Parung-Bogor. 

Definisi pertama Menurut Dimyati dan Mudjiono (2013: 3) “hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Dari sisi guru, tindak mengajar diakhiri dengan proses evaluasi hasil belajar. Dari sisisiswa, hasil belajar merupakan berakhirnya penggal dan puncak proses belajar”.

 Definsi kedua Menurut Hamalik (2004: 49) “mendefinisikan hasil belajar sebagai tingkat penguasaan yang dicapai oleh pelajar dalam mengikuti proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang ditetapkan”.

Definisi ketiga Winkel (2009) mengemukakan bahwa “hasil belajar merupakan bukti keberhasilan yang telah dicapai oleh seseorang”. Hasil belajar merupakan pengukuran dari penilaian kegiatan belajar atau proses belajar yang dinyatakan dalam symbol, huruf maupun kalimat yang menceritakan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak pada periode tertentu.

Definisi Keempat Menurut “Susanto (2013: 5) perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai hasil dari belajar”.

Definisi kelima Nawawi (dalam Susanto, 2013: 5) yang menyatakan bahwa hasil belajar dapat diartikan sebagai tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam skor yang diperoleh dari hasil tes mengenal sejumlah materi pelajaran tertentu. Berdasarkan definisi di atas dapat saya simpulkan bahwa hasil belajar adalah suatu hasil yang diperoleh siswa setelah siswa tersebut melakukan kegiatan belajar dan pembelajaran serta bukti keberhasilan yang telah dicapai oleh seseorang dengan melibatkan aspek kognitif, afektif maupun psikomotor, yang dinyatakan dalam symbol,huruf maupun kalimat.


Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SMA Al-Ashriyyah Nurul Iman Parung-Bogor mengalami kendala pada sub materi menghafal kosa kata karena penggunaan media yang kurang tepat. Dari 20 siswa rata-rata yang dapat mudah menghafal hanya 45% yaitu sebanyak 9 orang dan yang lambat menghafal sebanyak 55% yaitu sebanyak 11 orang. Penutup Dari kendala yang di alami siswa di SMA Al-Ashriyyah Nurul Iman Parung-Bogor dapat di gunakan nya Media Audio Visual. Karena, dapat memudahkan nya siswa belajar menghafal bkosa kata bahasa arab lebih efektif dan efisien. 



Essai... 

 1. Apa yang kamu pahami tentang hasil belajar?

2. Sebutkan definisi Hasil belajar menurut Hamalik...

3. hasil belajar merupakan bukti keberhasilan yang telah dicapai oleh seseorang, merupakan definisi menurut....

0 komentar: