Media Proyeksi Diam

Desember 20, 2018 Dina Maulani 8 Comments

Pembelajaran Media Proyeksi Diam



Apasih Media Proyeksi Diam itu?

Media Proyeksi adalah media visual yang hanya dapat digunakan dengan bantuan proyektor. Media ini memberikan rangsangan-rangsangan visual yaitu melalui indera penglihatan. Media ini berinteraksi langsung dengan pesan yang ingin disampaikan. Maksud pesan disini berupa materi pelajaran yang akan disampaikan. Jadi dengan media proyeksi, materi tersebut dapat terserap dengan baik

Jenis-jenis Media Proyeksi Diam :
1. Media proyeksi diam (still projected medium) memiliki persamaan dengan media grafis dalam hal menyajikan rangsangan rangsangan visual : 
1. Film bingkai, yaitu film transparan yang berukuran 35mm sebagai suatu program film bingkai yang bervariasi panjang pendeknya, tergantung pada tujuan.



2. Slide, yaitu media visual yang diproyeksikan melalui alat yang disebut proyektor slide. Slide atau film bingkai terbuat dari film positif yang diberi bingkai yang terbuat dari karton atau plastik. 

3. Film rangkai  Film strip atau film rangkai pada dasarnya hampir sama dengan media slide. Hanya di film strip ini ada beberapa film yang merupakan satu kesatuan ( gelang dimana antara ujung yang satu dengan ujung lainnya bersatu). 

4. Proyektor transparan (OHP)  Adalah media visual yang diproyeksikan melalui yang disebut OHT. OHT terbuat dari bahan transparan yang biasanya berukuran 8,5 X 11 inchi.  

5. Proyektor tak tembus pandang   Pada proyek yang tak tembus pandang, bahan disajikan bukan bahan yang tak tembus pandang tapi benda-benda dasar, serta warna dan anyaman yang dapat diproyeksikan. 

6. Mikrofis.  Adalah lembaran film transparan yang terdiri atas lambanglambang visual yang diperkecil sedemikian rupa sehingga tidak dapat dibaca dengan mata telanjang. 


2. Media proyeksi gerak adalah media yang memproyeksikan pesan melalui sebuah alat yang mampu memproyeksikan berbagai pesan, baik pesan dalam bentuk video, film, maupun gabungan secara keseluruhan dari media-media (multimedia). Jenis-jenis Pada Media Proyeksi Gerak :  


1.      LCD Karakter LCD di lingkungan masyarakat dikenal sebagai in-focus karena semuanya tergantung pada kualitas gambar yang diproyeksikan melalui kecerahan dan warna. 
2.      Film gelang Adalah jenis media yang terdiri dari film berukuran 8mm yang ujungnya saling bersambungan sehingga terus mnerus mengulang jika tidak dihentikan. 3.      Televisi Adalah sistem elektronik yang mengirimkan gambar diam dan gambar hidup bersama suara melalui kabel atau ruang. Televisi pendidikan adalah penggunaan program video yang direncanakan untuk mencapai proses pembelajaran tanpa melihat siapa yang meyiarkannya,televisi pendidikan tidak hanya sekedar menghibur tetapi harus mendidik. 4.      Komputer Pemanfaatan komputer untuk pendidikan dikenal dengan sebutan CAI. Dan dikembangkan melalui tutorial, discovery, simulasi, dan permainan. Komputer digunakan untuk administrasi tes dan administrasi sekolah.


KARAKTERISTIK MEDIA PENGAJARAN JENIS PROYEKSI DIAM 

Klik here ↧





Pi

8 komentar:

  1. Balasan
    1. Terimakasih kembali, senang jika bermanfaat ❣️

      Hapus
  2. Terimakasih untuk bagian pembelajaran nya, sangat berguna dan ilmu yang baru untuk saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali, senang sekali bisa memberikan ilmu yang baru. Semoga bermanfaat 🙏🏻

      Hapus
  3. Pembelajaran yang sangat bermanfaat.trimakasih sudah post

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali🙏🏻

      #marisharingbersama

      Hapus
  4. Ada ga sih kelebihan dari media proyeksi OHP?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Melamun, tentu ada dong..
      Kelebihan dari OHP adalah :
      1. Dapat digunakan untuk menyajikan pesan dalam semua ukuran ruangan kelas;
      2. Menarik, karena memungkinkan penyajian yang variatif disertai dengan warna;
      Tatap muka dengan siswa selalu terjaga;
      3.Tidak memerlukan operator secara khusus;
      Dapat menyajikan pesan yang banyak dengan
      4. waktu yang relatif singkat;
      5. OHT atau kertas transparan bisa digunakan secara berlulang-ulang

      Semoga bermanfaat🙏🏻

      Hapus